Ternyata Bisa, Anak Kost Hemat dan Bahagia !!

Ala Anak Kost
Hai sahabat memori, setelah kemarin membahas tentang "Inilah Cara Menjadi Pelajar/Mahasiswa Yang Berkantong Tebal", Kali ini penulis bakal kasih tips ke kalian semua seputaran tentang dunia anak kost. Penulis sebenarnya sih baru 4 tahun ini jadi anak kosan. Dan pastinya udah punya banyak pengalaman dan pengetahuan mengenai kehidupan anak kost dari berbagai sumber dong ya.
Nah sobat memori, disini penulis akan memberikan​ tips hemat ala anak kost. Hemat itu bagi kita sebagai anak kos adalah sebuah kewajiban dong tentunya, dikarenakan ya kita kan hidup di tanah rantauan yang jauh dari orang tua dan sanak keluarga, jadi kalo gak hemat nanti kita bisa mati karena kekejaman kota metropolitan. Hahaa,


Siklus Anak Kost
Udah bisa ketebak deh kalo tanggal muda aja pada hangout bareng temen-temen ke mall, nonton, karokean, menu makanannya ayam, daging, nongkrong di café, makan di KepC heheh. Dan disaat tanggal tua pasti cuma dikosan nonton tv, dan makannya mie instan, ini menjadi pilihan karena selain harganya murah juga rasa nya enak.

Nah sobat memori, Berikut beberapa cara yang penulis kasih buat kalian bagaimana sih caranya untuk menghemat biaya sehari-hari dan tentunya masih punya sedikit uang disaat akhir bulan?.

Rencanakan Dan Tulis Dalam Notebook Kecil Dan Simpan Ditempat Yang Aman.  
Rencanakan Belanja
Rencanakanlah dan tulis dalam notebook kecil kalian bisa menulis apa saja list belanjaan yang harus kalian dibeli terlebih dahulu (alat mandi, kebutuhan pangan kayak beras, telor, minyak), dan list belanjaan mana yang bisa dibeli di masa mendatang (buku, baju, lemari, hp, tv).

Sesuaikan List Belanjaan Dengan Kiriman Uang
Sesuaikan List Belanjaaan
Menyesuaikan list belanja dengan uang yang kalian terima itu sangat penting ya sobat. Hemat uang dengan cara; Jangan ambil seluruh uang kiriman, ambil seperlunya saja dan sisanya biarkan saja berada di ATM, tentukan berapa uang setiap hari nya yang boleh anda habiskan dalam sehari misalnya 20rb anda tidak boleh jajan melebihi 20rb dlm 1 hari, sisakan sedikit uang kalian ke dalam celengan,  ini sangat berguna apabila di kala kalian belum mendapat kiriman di awal bulan loh.

Makanan Sehat Ala Anak Kosan
Makanan Sehat Ala Anak Kost
Iya betul, kalau mau hemat, makanannya sehat, enak gak enak etep dimakan, ya masak sendiri dong ya. Memang sih agak ribet, tapi hal ini efektif banget untuk meminimalisirkan pengeluaran anda dari pada anda beli nasi bungkus setiap hari. Coba deh sekarang nasi bungkus  harganya 15rb, kita makan 1 hari 3x, 15rb x 3 kali = 45rb sehari .ya ampun sobat memori, kalikan aja lagi 30 hr ? udah brp uang yang harus terbuang. Penulis punya cara jitu nih ,masak yang simple aja, telor dadar/ ceplok, nasi goreng, pake kerupuk kan udah sehat tu dibandingin kita harus masak mie instan yang udah tau gak sehat buat tubuh kita, tapi sekali-kali gak apa-apa juga lah.

Pilih-Pilih Tempat Makan
Pilih-Pilih Tempat Makan
Jika buat kalian yang baru jadi anak kosan, malas untuk masak sendiri, yang cara satu-satunya ya kamu kelilingin aja tuh satu persatu tempat makan yang ada deket kampus/kosan kalian. Dengan begitu kamu tau tuh kan dimana tempat makan yang enak dan paling “mumer” (murah meriah). Dengan cara ini juga bisa untuk menghemat uang kalian ya.

Beli Kebutuhan Sehari-Hari Di Pasar Tradisional 
Pasar Tradisional
Ini juga tidak kalah pentingnya loh sobat memori, kerena apa? bisa ditawar heheheh. Boleh juga sih mau beli di mall sekalian jalan-jalan, tapi kalo lagi diskon gede-gedean aja tuh di supermarketnya, jadi kita sebagai anak kos bisa lebih untung deh.

Jangan Hura-Hura. 
Jangan Hura-Hura
Harap sangat diusahakan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan untuk sobat, karena hal ini dapat membuat barang tersebut sia-sia dibeli. Biasa nya ini terjadi jika ada diskon besar-besaran, jadi langsung  deh hawa nafsu belanja nya keluar dan ingin langsung belanja walaupun tau itu belum tentu dibutuhkan untuk dirinya. Saya juga sering kali seperti itu kok sob, hehe..

Jangan Ikut-Ikutan Teman. 
Jangan Ikut-Ikutan Teman
Keadaan financial kita belum tentu sama dengan teman kita. Misalnya teman kita tu senengnya nongkrong di mall, café, terus pesen makan dan minum yang mahal, kita jangan malu cuma pesen minuman yang harganya paling murah sob,  inget cari uang itu susah loh sobat memori, inget orang tua kita banting tulang cariin uang itu buat dikirimin  ke kita untuk menyambung hidup kita di tempat orang.

Jangan Terpengaruh Pergaulan Anak Kota. 
Jangan Terpengaruh
Jangan sampe ya kalian terpengaruh dan terjebak pergaulan anak kota, baik di dunia malam, narkoba dan sex bebas. Inget ya sobat memori, ini yang paling utama penulis tekankan jangan sesekali nyoba, ikut-ikutan lalu terjerumus. Kalau kita udah terjebak ini , mau jadi apa nantinya??

Pilih teman yang baik-baik
Pilih Teman
Pilih teman yang baik disini dalam artian dia gak narkoba dan pergaulannya  gak  bebas, karena sifat teman bisa menular ke kita loh sob. Apalagi sama-sama anak kosan. Jadi cari temen yang bisa menularkan sifat positif ke diri kita aja ya.

Hargai Waktu Dan Diri Anda Sob
Hargai Waktu
Belajarlah untuk menghaargai eaktu sob, waktu terus berjalan dan tidak akan pernah bisa kembali, jadi gunakanlah waktu kalian untuk hal yang bermanfaat daripada menghamburkan uang di diskotik, mall, cafe, judi online, dll, mendingan ke masjid perbanyak ibadah dan ke perpustakaan untuk perbanyak ilmu.

Jaga Kebersihan
Apabila kosan anda bersih dan rapi tentu anda akan merasa nyaman dan kerasan berada di dalamnya. Memang sih sangat dibenarkan jika ada yang berpendapat seperti itu, tidak salah sama sekali malahan. Namun terkadang ada saja yang malas untuk membersihkan kamar, dan area tempat kost, entah kenapa ya rasa malas tidak dapat hilang begitu saja, mungkin mengepel lantai kostan bisa dibilang sangat jarang, kostan dapat dikatakan bersih dan wangi jika ada teman yang mau main atau menginap ditempat kost.

Tidak Lupa Rajin Beribadah
Selain kegiatan duniawi yang kalian laksanakan, tentu tidaklah boleh melupakan kewajiban kita sebagai umat beragama, mulailah dengan berdoa, dan belajar tentunya agar kita bisa lulus dengan nilai IPK yang tinggi.

Yang terakhir, ini adalah yang terpenting. Yaitu,
Praktekkan !!!

Nah sobat memori, menurut penulis sendiri pengalaman waktu kuliah dulu sih, menghemat uang jajan sudah jadi survival yang gak kalah seru kayak film Life of Pie , tapi bedanya bertahan hidupnya versi mahasiswa bukan kayak Life of Pie yang ditemani sama singa. Bedanya kalo penulis ditemani karung beras sama mie instant .. hahahha

Baiklah sobat memori, itulah beberapa cara menghemat uang ala-ala anak kost yang sudah penulis jabarkan dari 1-14 itu semua tergantung dari sobat sendiri, jika kalian sadar & perlu perubahan dalam diri kalian SILAHKAN MENCOBA !!

(BCP)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Bisa, Anak Kost Hemat dan Bahagia !!"

Posting Komentar