Hindari Jenis Makanan Ini Jika Anda Penderita Maag

Penderita Maag
Penyakit maag bukan lagi penyakit yang baru didengar. Banyak orang menderita sakit maag sehingga jenis penyakit ini sudah diketahui oleh orang banyak, mungkin juga sobat memori adalah salah satunya. Maag merupakan penyakit lambung yang terkadang sangat megganggu aktivitas Anda. Penyebabnya adalah pola makan yang sangat tidak teratur, sering mengabaikan rasa lapar lalu menunda waktu makan, dan sering mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat.

Meskipun datangnya tidak setiap waktu, namun jika Anda salah mengonsumsi makanan atau tidak mengatur pola makan, maka maag akan menyerang dengan cepat.

Lambung di perut merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyimpan makanan, mencerna, dan mendistribusikan makanan ke usus kecil. Lambung terdiri dari enzim, lendir, dan asam lambung. Jika ketiga faktor itu tidak seimbang, maka lambung Anda akan terasa sakit. Hal ini disebut dengan kondisi iritasi lambung, yang kemudian akan menyebabkan peradangan.

Penyakit maag tidak boleh diabaikan, terlebih ketika lambung Anda sudah mengalami iritasi. Jika Anda sudah mengalami maag kronis, lambung Anda akan rusak dan sulit menerima makanan. Namun, jika Anda terlanjur mengidap penyakit maag, mulailah mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk mengurangi risiko perih pada lambung. Anda pun harus mulai mengindari 4 macam jenis makanan berikut:

Makanan Pencentus Asam Lambung
Makanan Asam Pencetus Asam Lambung
Seperti yang sudah Anda ketahui, penyakit maag disebabkan oleh asam lambung yang meningkat sehingga lambung menjadi perih dan akhirnya penyakit maag pun diderita. Sebagai salah satu bentuk untuk mengurangi risiko timbulnya sakit maag atau untuk mencegah agar maag Anda tidak menjadi kronis, maka Anda perlu menghindari makanan-makanan yang dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak.

 Oleh karena itu, hindari makanan atau buah yang rasanya asam. Buah asam ini tidak boleh dikonsumsi secara langsung, dicampurkan dengan makanan lain, maupun dalam bentuk jus. Karena bagaimanapun juga, kandungan asam dalam buah tersebut tetap ada dan sangat berpengaruh pada kesehatan lambung. Selain buah-buahan asam, hindari pula jenis makanan yang cara mengonsumsinya dicampur dengan cuka. Contohnya saat makan basko, soto, dan makanan lainnya. Penggunaan cuka sebagai perasa pada makanan tersebut pun sebaiknya mulai dihindari.

Makanan/Minuman Mengandung Kaffein
Makanan/Minuman Mengandung Kaffein
Anda tentu sering mendengar bahwa kafein sangat tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan lambung Anda. Kafein dapat meningkatkan asam lemak pada lambung sehingga ketika mengonsumsinya, lambung akan terasa nyeri dan penyakit maag akan kambuh. Kandungan kafein bukan hanya pada kopi saja. Beberapa makanan lain yang Anda pikir sehat pun bisa saja di dalamnya terkandung kafein.

Contoh makanan yang mengandung kafein salah satunya adalah cokelat. Cokelat adalah makanan kesukaan banyak orang. Dengan mengnsumsi cokelat, Anda dapat merasa bahagia. Selain itu, rasanya yang enak juga akan membuat ketagihan. Namun, jangan salah mengasumsikan cokelat dari segi positifnya saja. Di samping itu semua, cokelat mengandung kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung.

Makanan Pedas
Makanan Pedas
Rasa pedas merupakan rasa yang sangat pas dikombinasikan dengan manakanan apa pun. Rasa pedas bisa dihasilkan dari olahan sambal, cabai, merica, dan lada. Di samping rasa nikmat saat menyantap makanan pedas, Anda perlu tahu dampak negatifnya jika mengonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan. Mengonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan dapat merusak dinding-dinding pada lambung.

Pada bagian lambung terdapat enzim pencernaan seperti pepsin, asam lambung, dan lendir untuk melindungi dinding lambung. Penyakit maag dapat menyerang jika terjadi ketidakseimbangan antara faktor-faktor tersebut. Salah satunya ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, lendir untuk melindungi dinding lambung tidak bisa berfungsi dengan baik dan akan merusak lambung Anda. Sehingga, ketika asupan makanan masuk ke lambung, iritasi yang terdapat di lambung akan terasa nyeri.

Makanan Yang Sulit Dicerna
Makanan Yang Sulit Dicerna
Jenis makanan yang harus dihindari selanjutnya adalah makanan-makanan yang sulit dicerna. Jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung dan usus dapat memicu kondisi kesehatan lambung. Beberapa contoh makanan yang sulit dicerna adalah es krim, kombinasi susu yang berlemak tinggi ini sering dianggap sebagai penyebab kembung dan gangguan pencernaan, terutama bagi penderita intoleransi laktosa yang tubuhnya tidak mampu mencerna senyawa pada susu.

Selain itu ada pula permen karet gula. Mengunyah permen karet dapat membuat perut menjadi kembung karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kerja lambung akan terganggu untuk mencernanya.
Kacang-Kacangan
Contoh lainnya adalah kacang merah. Walaupun kaya serat dan protein, ada senyawa gula yang terkandung di dalam kacang merah dan jenis kacang-kacangan lain yang sulit dicerna oleh usus besar dan dapat memicu sakit lambung.
Goreng-Gorengan
Kemudian makanan yang digoreng kering. Ketika kandungan lemak dan minyak pada makanan sangat tinggi, lambung akan semakin sulit mencernanya. Pada makanan kering, minyak diserap dan terkandung di dalam makanan tersebut. Bukan hanya makanan yang digoreng kering, makanan dengan kuah yang berminyak pun akan sangat sulit dicerna.
Itulah jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag. Jika Anda menderita maag, sebaiknya mulailah memperbaiki pola makan Anda menjadi lebih baik. Pastikan Anda makan tiga kali sehari dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, dan bukan termasuk jenis makanan di atas.

Sobat memori, jika seorang penderita maag tetap mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, Anda bisa terancam penyakit tukak lambung (ulcer). Tukak lambung merupakan luka di sekitar bagian lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Jenis Makanan Ini Jika Anda Penderita Maag"

Posting Komentar